BERGAYA ELEGAN DENGAN BATIK GARUTAN

Rasya-Batik-Garutan-Collection

Batik Indonesia sendiri mempunyai ciri khas yang berbeda, tergantung dari mana batik itu berasal. Seperti Garut yang mempunyai ciri khas dengan Motif Batik Garutannya, Banyumas yang mempunyai corak tumbuhan dan hewan, sehingga lebih menampilkan warna yang dominan gelap dengan gambar yang lugas dan jelas. Begitu juga ciri khas yang ditampilkan pada batik yang berasal dari Madura, meskipun menampilkan desain atau gambar yang terkesan tidak biasa (norak) dan pemilihan warna yang lebih dominan kepada merah dan hitam, namun hal itulah yang membedakan batik Madura dengan batik dari daerah lainnya.

Batik pada saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi dan tertentu saja, tetapi sudah bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti menjadi salah satu seragam kerja pada hari kamis atau jumat. Bahkan tidak sedikit yang mengenakan batik untuk mengikuti mode yang sedang berkembang, hal tersebut sangat membantu dalam rangka melestarikan budaya batik di Indonesia.

1501_6._Tak_berbeda_dengan_proses_batik_pada_umumnya,_batik_garutan_pun_menggunakan_canting_dalam_proses_pembuatan_motif

Batik itu harus dilihat dari sejarahnya. Jangan hanya mengenal fisik atau jadinya saja. Karena hanya bisa mengetahui apa jenis dan motifnya saja tidak cukup. Tidak cukup untuk menghargai karya seni hanya dengan melihat hasil jadinya. Anda harus tahu cara pembuatannya, harus tahu backstage-nya. Harus mengerti mengapa motifnya seperti itu,batik bukan dilukis, tetapi dibuat dengan hati. Batik itu pada zaman dulu, saking menggugahnya, akhirnya masuk ke keraton, kemudian dikenakan dalam acara-acara bermakna, seperti pernikahan, nujuhbulanan, kelahiran, dan sebagainya, hal-hal semacam ini yang penting untuk dimengerti. Tak ada maknanya jika Anda hanya memiliki tetapi tidak mengerti isinya

Batik bukan cuma sembarang kain! Jadi, saat batik itu diberi harga mahal, jangan marah,bayangkan dari pengurusan kain, ada yang menggulung, ada yang mengukur, ada yang memotong. Kedua, ada yang menggambar pakai pensil. Lalu ada pula bagian menulis pakai canting, ini bagian maestro. Lalu ada yang bagian mewarna. Untuk yang melilin, melorod, dan membilas, lain lagi, lalu yang menyeterika pun lain lagi. Jadi kalau ada sepotong kain harganya Rp 5 juta yang dikerjakannya 5 bulan, berarti Rp 1 juta per bulan, dibagi tujuh orang. Terbayang, kan? Itu pun kalau harganya segitu. Kalau harganya Rp 1 juta, dibagi 7, kan lebih sedikit lag,ini untuk batik tulisnya,berbeda dengan batik cap yg bisa di produksi massal tentunya harnya juga lebih murah.

10254031_10202623932176846_6422870064279868149_n

Belum lagi, perlu Anda ketahui, bahwa untuk membatik, seseorang butuh waktu setidaknya 20 tahun untuk bisa dikatakan sebagai maestro. Untuk pembatik yang baru mencoba belajar hingga 5 tahun, ia baru dinamakan pemula. Untuk yang sudah belajar 6-10 tahun, baru dikatakan bisa membatik. Sementara mereka yang sudah 10-20 tahun membatik, sudah masuk dalam rank tertentu. Sementara mereka yang sudah membatik 20 tahun ke atas, barulah dinamakan maestro. Tidak mudah perjalanan untuk bisa menggambar di atas kain batik

Cobalah untuk mengerti kulturnya, latar belakangnya, cara pembuatannya. Lalu mengerti mengapa kain batik itu punya makna lebih dan menjadi mahal. Untuk mengerti kultur, kita pun harus smart, kita harus membuka mata, datanglah ke kota-kota itu, berbicaralah dengan masyarakat sana, dan ketahui negerimu sendiri. Ini baru batik, ya, belum lagi kain tenunan Indonesia yang sangat banyak.

Supaya batik tidak pudar, kita harus peduli. Kita harus mulai mempromosikan kota-kota batik. Dari kulinernya, agamanya, kulturnya, budayanya, kecantikan alamnya, dan lain-lainnya yang merupakan inspirasi dari motif-motif batik tersebut. Dengan begini, kita akan menunjang kehidupan ekonomi mereka, turisme mereka, dan membantu batik tetap hidup lebih lama.

Maka dari itu,saya menulis artikel yg sederhana ini demi kelangsungan batik di indonesia ini semakin banyak dikenal oleh dunia. Apa kita mau budaya kita kembali di klaim oleh negara tetangga kita lagi?

Untuk itu bagi teman teman yg ingin mengenal lebih banyak tentang batik kita bisa sharing disini

pin bb MBG

 

 

 

 

 

semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s