KATEGORI SATU (K1),JUNI KEMUNGKINAN DI CPNS KAN

NUSANTARA – SULSEL

Kamis, 08 Maret 2012 , 02:49:00

Juni, Honorer K1 Jadi CPNS

MAKASSAR – Pegawai Tidak Tetap atau honorer yang masuk kategori 1 (dibiayai APBN dan APBD) kemungkinan besar akan terangkat sebagai CPNS antara Juni hingga Juli mendatang. Itu jika Peraturan Pemerintah (PP) akan turun antara Maret atau April ini. Khusus honorer kategori 2 (tidak dibiayai APBN/APBD), mereka masih harus menjalani ujian.

Untuk ujian honorer K2, Unhas yang telah melakukan penandatanganan MoU dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akan menjadi pembuat soalnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Andi Murni Amien Situru dalam ekspose program kerja SKPD di kantor gubernur, Rabu, 7 Maret mengatakan, K1 yang rampung pengurusannya Juni atau Juli akan dilanjutkan dengan pengangkatan K2. Hanya saja, untuk K2, harus ujian lagi.

“Tapi soalnya tidak sama seperti seleksi umum CPNS. Katanya soalnya lebih mudah. Tapi belum ada gambaran soal materi. Tapi pengetahuan umum, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Kewarganegaraan pasti menjadi materi,” katanya.

Meski tak menyebut secara langsung Unhas, namun seperti ditegaskan Murni, pembuat soal adalah 10 perguruan tinggi negeri yang sudah membuat MoU dengan BKN. “Kalau Unhas ditunjuk, ya mereka atau PTN lain,” katanya.

K2 sendiri hanya diberi kesempatan sekali untuk menjadi CPNS lewat ujian. Kalau tidak lulus, mereka yang usianya masih memenuhi persyaratan masih bisa mendaftar di seleksi CPNS umum. Namun yang sudah tidak memenuhi syarat, atau yang masih ingin menjadi PTT.

“Kalau lulus jadi CPNS, tapi kalau tidak, masih bisa diperpanjang PTT,” jelas Murni.

Tahun ini, untuk seleksi CPNS umum, Murni mengatakan kecil peluangnya. Alasannya, ada tujuh persyaratan yang mesti dipenuhi, termasuk analisis kebutuhan pegawai. “Itu harus selesai Desember 2012. Jadi penerimaan di 2013. Kalau tahun ini, kelihatannya tidak ada,” kata Murni. (amr/pap)

About these ads

11 comments on “KATEGORI SATU (K1),JUNI KEMUNGKINAN DI CPNS KAN

  1. ” SAYA MOHON KEPADA BAPAK BAPAK PEMIMPIN NEGERI INI, MOHON SUDILAH KIRANYA MENGANGKAT HONORER K 2 JUGA MENJADI PNS, SEBAB KAMI INI SUDAH LELAH DIPERBUDAK TERUS SAMA SENIOR SENIOR KAMI….TERUTAMA KEPALA SEKOLAH…KARENA MEREKA MEMERINTAH KAMI SEENAKNYA AJAA….KAMI INI JUGA MANUSIA PAKKKK……BUTUH MAKAN JUGA..MENGHIDUPI KELUARGA…MASAK GAJI GURU 200 RIBU.. ITU MERUPAKAN PENGHINAAN TERHADAP GURU PAKK…BURUH AJA SEHARI DI UPAH 50 RIBU…KAMI YANG SEBULAN 200 RB, MOHON BAPAK PEMIMPIN MAU MENDENGAR JERITAN DARI KAMI INI…

  2. Mohonlah Pak diutamakan yang masa kerjanya yang sudah lama mengabdi karna saya sudah 16 tahun mengabdi jadi tenaga teknis di sekolah negeri karna dulunya sekolah tersebut merupakan desa tertinggal sekarang tidak lagi. saya mohon kepada Bapak pemimpin negeri ini kasihanilah kami yang telah mengabdi ini jgn kami lagi di tes karena setiap hari kami sudah di tes dgn gaji yang rendah, angkatlah derajat kami pak.. kasihanilah kami. kami berjanji akan bekerja dengan lebih baik lagi. karna sebagai honorer saja kami giat apa lagi kami sudah diangkat.

  3. verifikasi tenaga honorer harus yang teliti.banyak gtt negri yang hanya dapat jam mengajar di bawah 10 jam pelajaran ( karena kasihan kalau tidak di beri jam mengajar/dikeluarkan)yang sebetulnya banyak guru kekurangan mengajar.( 24 jam pelajaran )

    • Tks comment nya bu poniyem, S.Pd…tp ada juga guru yg sdh PNS cuma muncul 1 s/d 4 kali tiap bulan sekali ke sekolahnya..saya kebetulan salah satu GTT SMK di kalteng yang termasuk dlm K2 dibebankan untuk mengajar 24 jam riil termasuk produktif, merasa angin segar untuk nasib saya tanpa berusaha mengusik rekan-rekan yang sudah merasa mnjdi PNS dan sudah aman dari tekanan Kep-sek yang agak Diktator

  4. ketika kesabaran kami hampir habis setitik sinar mulai nampak tapi bagi kami ujian belumlah usai karena kami harus melalui tahap2 yang bagi pemerintah bisa saja membodohi kami dengan syarat2 yg harus di lalui bagi kami honorer k II…….

  5. ya allaaaah,bukalah pintu hati para pemimpin2 kami,agar mereka mengerti gimana rasanya menjadi tenaga honorer yg d gaji min.200 ribu,kami sngt bersyukur menerima hal itu,tp kami lebih bersyukur lg bila kami d angkat jd PNS,sy sebel bngt PNS d sklh sy mengajar dr jam 7.15 n plg jam 9.30,sedangkan kami yg honor dr jam 12 smpe jam 16.30,pemerintah mana yg adil seperti ini?????????????????

  6. jangan butakan mata hatimu wahai para pemimpin, bukalah mata hatimu untuk berbagi kesempatan pada wargamu yang sampai sekian lama mengabdi tanpa jasa jadikan dirimu pemimpin yang adil jangan jadi orang zalim………

  7. itulah kelemahan pendidikan di indonesia,kita harus memandang kenegeri maju seperti jepang,,,dulu ketika hirosima dan nagasaki di bom pemerintah jepang memerintahkan menyelamatkan guru terlebih dahulu,,,pemikiran mereka bagus karna tidak ada satupun orang berhasil tanpa jasa guru,,apapun propesinya di dunia ini mereka mendapat pendidikan semua dari guru,,,jadi presiden,mentri,pejabat dan kerja lainnya semua atas jasa guru,,,,,bapak-bapak pemimpin yang terhormat kami tidak minta kalian untuk membalas jasa kami,, karna sudah prinsip guru untuk mengabdi pada negara dgn hati yang tulus,,,tpi kami mohon perhatikan juga
    kami anak honorer ini setidaknya gaji kami samakan dengan upah minimum yang sudah di pp kan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s