Persyaratan Khusus Pengangkatan Honorer K I dan K II menjadi CPNS

- Usia paling tinggi 46 (empat puluh enam) tahun dan paling rendah 19 (Sembilan belas) tahun pada 1 Januari 2006.
– Mempunyai masa kerja sebagai tenaga honorer paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus pada keadaan 31 Desember 2005 dan sampai sekarang masih melaksanakan tugas tanpa terputus.
– Mempunyai pendidikan paling rendah SMA atau sederajat.
– Khusus bagi guru : pendidikan paling rendah D4/S1, atau bersedian dan sedang mengikuti pendidikan D4/S1 dan lulus paling lama akhir 2015.
– Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
– Lulus ujian tertulis bagi tenaga honorer yang penghasilannya tidak dibiayai APBN/APBD.

NASIONAL – HUMANIORA

Selasa, 01 November 2011 , 07:31:00

JAKARTA – Pemerintah bertekad menuntaskan pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS tahun ini. Terutama untuk tenaga honorer kategori I (dibiayai APBN dan APBD). Lantas, bagaimana dengan instansi yang sudah tidak memiliki honorer kategori I? Apakah bisa diganti dengan honorer kategori II (dibiayai selain APBN dan APBD)?

Kepala Humas badan kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat mengakui ada beberapa kabupaten/kota yang mengajukan tenaga honorer kategori II untuk diangkat menjadi CPNS. Alasannya, tenaga honorer kategori I di daerah tersebut sudah habis, alias seluruhnya telah terangkat tahun sebelumnya.Menyikapi hal tersebut, Tumpak tegas mengatakan tidak bisa. “Kalau kosong (tidak ada honorer kategori I, Red) ya kosong. Pengangkatan tahap pertama ini khusus kategori I,” katanya di Jakarta kemarin (31/10).

Dia juga menjelaskan, ketika BKN sibuk mengurusi validasi honorer kategori I beberapa bulan lalu, ada sejumlah daerah yang nekat menyusupkan honorer kategori II untuk masuk pengangkatan tahap pertama. Rata-rata, pemkab dan pemkot menyelipkan 20 sampai 40 orang.

Upaya ini menurut Tumpak mudah diketahui. Sebab, dalam validasi tersebut dilampirkan keterangan penghasilan yang diterima honorer setiap bulan. Di beberapa pemkab dan pemkot, keterangan gaji berpeluang diakali. Tapi setelah di-crosscheck ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu), akan ketahuan apakah yang bersangkutan itu digaji dari APBN/APBD atau bukan. “Validasi sudah selesai, pengangkatan Honorer kategori I tinggal menunggu RPP (rancangan peraturan pemerintah, Red) disahkan,” tandasnya.

Terkait pengesahan RPP yang terus berlarut, Tumpak enggan berkomentar. Dia mengatakan, posisi RPP sudah selesai dibahas di tingkat kementerian dan badan serta DPR. Selanjutnya, tinggal menunggu pengesahan dari Presiden SBY saja.

Dalam salinan RPP diterangkan jika ada perbedaan sistem pengangkatan honorer kategori I dengan kategori II. Bagi tenaga honorer kategori I, proses pengangkatannya hanya melalui seleksi administrasi saja. Dari 67 ribu honorer kategori I, seluruhnya berpeluang diangkat.

Sedangkan untuk honorer kategori II, proses pengangkatannya selain melalui seleksi administrasi juga harus menjalani seleksi ujian tertulis layaknya rekrutmen CPNS reguler. Namun, saat ujian nanti, mereka hanya bersaing antara sesama honorer kategori II. Diperkirakan, tidak semua honorer kategori II yang jumlahnya mencapai 600 ribu orang, bisa diangkat menjadi CPNS.

Dalam RPP itu juga disebutkan, jika dengan sistem ini masih ada honorer yang tertinggal gara-gara gagal dalam seleksi administrasi dan tes tulis, instansi yang bersangkutan boleh tetap memperkerjakan yang bersangkutan hingga umur 56 tahun. Ketentuan lainnya, instansi harus memberikan penghasilan paling rendah sebesar upah minimum provinsi (UMP). Selain itu, honorer juga mendapatkan tunjangan hari tua, serta wajib diikutsertakan dalam program asuransi kesehatan.

Tumpak mengingatkan, honorer yang bakal diangkat dalam RPP ini adalah tenaga honorer yang SK kerjanya berumur minimal satu tahun pada 31 Desember 2005. Artinya, mereka yang bisa diangkat adalah yang SK kerjanya keluar maksimal 31 Desember 2004.

Dengan demikian, RPP tadi tidak memiliki kekuatan untuk mengangkat honorer yang SK kerjanya keluar pada 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011 dan seterusnya. “Pengangkatan honorer yang ber-SK 2005 ke atas akan diatur dalam RPP lain,” jelas Tumpak. Yakni, RPP tentang Pegawai Tidak Tetap (PTT). (wan/nw)

Diantara Persyaratan Khusus Pengangkatan Honorer K I dan K II menjadi CPNS (pasal 2)

- Usia paling tinggi 46 (empat puluh enam) tahun dan paling rendah 19 (Sembilan belas) tahun pada 1 Januari 2006.
– Mempunyai masa kerja sebagai tenaga honorer paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus pada keadaan 31 Desember 2005 dan sampai sekarang masih melaksanakan tugas tanpa terputus.
– Mempunyai pendidikan paling rendah SMA atau sederajat.
– Khusus bagi guru : pendidikan paling rendah D4/S1, atau bersedian dan sedang mengikuti pendidikan D4/S1 dan lulus paling lama akhir 2015.
– Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
– Lulus ujian tertulis bagi tenaga honorer yang penghasilannya tidak dibiayai APBN/APBD.

Keterangan :
– Tenaga honorer K I adalah tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai APBN/APBD. Jumlah yang sudah divalidasi BKN mencapai 67 ribu.
– Tenaga honorer K II adalah tenaga honorer yang penghasilannya tidak dibiayai APBN/APBD. Jumlahnya diperkirakan 600 ribu.
– Ketentuan pengangkatan tenaga honorer yang SK kerjanya 2005 keatas (2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, dst) tidak ditentukan dalam RPP tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS ini.

Sumber : RPP tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS atau tentang Persyaratan dan Tata Cara Penyelesaian Tenaga Honorer. (Masih ada dua opsi nama RPP)

source: jpnn.com

About these ads

16 comments on “Persyaratan Khusus Pengangkatan Honorer K I dan K II menjadi CPNS

  1. Ass….. Wr… Wb…
    Pak,gimana nasib tenaga Honorer kategori 1 yg mulai di angkat tahun 2006 yg sampai sekarang msih kerja tanpa terputus -SK-nya. Kmudian langkah apa yg harus kami lakukan agar kami semua bsa di angkat sebagai CPNS.

    Thank’s
    Arfandi
    Kabupaten Tebo.

  2. saya di SK 2005,, TMT 03 januari 2005,, cuma selisih 3 hari,,,kalau bisa, tolong masukin peserta test dong,,, semoga ada keringanan

  3. Petama kali saya ucapkan ribuan terimakasi atas infonya. dan yang kedua, saya mau tau dan tolong infonya bagaimana honorer yang telah bekerja sejak 2004 di angkat dan di gaji dari Angaran APBD pada bulan May 2005. Pertayaannya, apakah Honorer tersebut tidak masuk katagori 2 dan bagaimana nasip mereka? Terimakasi.

  4. Apakah NUPTK jga slh satu faktor pndukung untk pengankatn tenaga honor…

    Kpan tenaga honor pada instansi pndidikan mndapat pngangkatn?
    Khususx di daerah maluku, ambon

  5. Aku udah lelah jd tenaga honor, semua pekerjaan aku yg kerjain tetapi upah yg kudapat hanya cukup utk ongkos… Aduh nasib-nasibbb semoga aku bisa terus bertahan dan semoga ada secerca harapan utk aku dan keluargaku amin ya allah….

  6. Selamat pagi,sy dulu Bidan PTT di daerah selama 11 thn,krn suami ∫äỲªª polri pindah tugas jd. Sy ikut suami pindah,akhirx sy keluar dr PTT tp sy lgsg kerja di rumah sakit bhayangkara jd honorer SK sy tgl 13 oktober 2004 Ɣğ ingin sy tanyakan apakah SK PTT sy dr pusat Ɣğ ditandatangani oleh menteri kesehatan tdk ßî§ã di pakai / disambung sm SK Honorer dr rumah sakait bayangkara itu?♍öЂöN ♍ƏƏF £ƏЂΐЯ ϑƏN ßƏTΐN info tks seblmx

  7. semoga honorer kemenkeuangan yang gigih berjuang bisa masuk dalam listing tenaga honorer KI / KII yang nantinya akan diumumkan secaranasional per departemen/instasi yang seharusnya nantinya akan wajib diangkat menjadi CPNS. mudah2an KEMENKEU, MENP{AN dan BKN, baik pusat dan Daerah tidak meninggalkan tenaga HONORER KEMENKEU agar tidak tertinggal dan tercecer Yang semestinya wajib dan sudah diangkat sejak 2005 lalu.Pemerintah harus dan wajib adil kepada sesama honorer didepartemen manapun mereka bekerja.apalagi pemerintah merencanakan anggaran pengangkatan honorer sebesar kira kira 148 M.pada tahun 2013 sampai 2014.terimakasih jika sudah bisa berbuat adil,jujur dan tegas,

  8. gimana juga yang sk 1 juli 2005, katanya yang terakhir akan diangkat jadi pns.kami sangat berharap sebab kami bertugas di desa terpencildengan penghasilan jauh dari kata cukup, mohon perhatiannya…………..

  9. tolong perhatikan kami yang bekerja sebagai tenaga honorer di kantor kecamatan di kabupaten probolinggo dan memiliki SK tahun 2009………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s